4.28.2013


Aanalisis nama teman facebook

Teman facebook yang sama miliki yaitu 648 orang. Ada beberapa oang yang menggunakan nama asli merak dan ada beberapa oarng yang menngunakan nama inisial atau nama panggilan. Yang menggunakan nama asli terdapat 618 orang yaitu kira-kira 95%. Sedangkan yang tidak menggunakan nama asli terdapat 30 orang yaitu kira-kira 5%.
Dari data yang saya dapat, saya beranggapan bahwa teman-teman saya yang tidak menggunakan nama asli, mereka tidak percaya diri terhadap nama asli mereka. Dan kebalikannya, bagi teman-teman saya yang menggunakan nama aslinya mereka cukup percaya diri dan bangga dengan nama yang mereka gunakan.
Mungkin ada beberapa alasan mengapa teman-teman saya tidak menggunakan nama asli mereka, mungkin mereka malu dengan nama asli yang diberikan oleh orang tua mereka, mungkin nama yang diberikan kurang gaul atau kurang keren, dan bisa jadi nama asli mereka kurang atau susah untuk dihafal orang lain maka mereka tidak menggunakan nama asli, melainkan menggunakan nama panggilan mereka. Teteapi semua ini kembali kepada para individunya mau menggunakan nama asli atau nama palsu mereka.

Pertemuan ke-9, Distribusi, Franchise, dan Multiple Level Marketing

Perkuliahan  : Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan
Dosen          : Dr. Amril Muhammad, SE, M.Pd
Tempat        : Universitas Negeri Jakarta, Fakultas Ilmu Pendidikan
Ruang          : 305
Waktu         : 13.30 - 15.30
Jurusan        : Manajemen Pendidikan

Pada minggu ini presentasi dilakukan seperti pertama kali pertemuan, yaitu dengan mempresentasikan di depan kelas. Presentasi kali ini langsung di pimpin oleh bapak Amril, minggu ini yang mempresentasikan adalah kelompok tujuh. Bapak Amril juga memberikan tugas tambahan selain report mingguan yaitu menganalisis nama teman yang terdapat pada facebook dari masing-masing mahasiswa, ada berapa banyak nama teman facebook yang menggunakan nama asli dan ada berapa nama teman di facebook yang tidak menggunakan nama asli.

Distribusi, Franchise, dan Multiple Level Marketing


A.    Distribusi
Distribusi merupakan suatu proses yang menunjukan penyaluran barang yang dibuat dari produsen agar sampai kepada para konsumen yang tersebuar luas. Fungsi distribusi ialah melakukan atau mengantarkan barang atau jasa yang dihasilkan oleh produsen baik dari daerah yang dekat atau jauh sehingga dari seluruh pelosok Indonesia dapat merasakan barang atau jasa yang dihasilkan. Distribusi berdasarkan lokasi yaitu keputusan yang dibuat perusahaan berkaitan dengan dimana operasi dan stafnya akan ditempatkan, terdapat tiga katagori yaitu: (1) konsumen mendatangi jasa; (2) penyedia jasa mendatangi konsumen; (3) transaksi jasa dilakukan melalui “kepanjang tangan” perusahaan.
Saluran distribusi pada dasarnya merupakan perantara yang menjebatani antara produsen dan konsumen. Perantara tersebut digolongkan kedalam dua golongan yaitu pedagang perantara dan agen perantara. Tipe-tipe saluran distribusi yaitu: (1) secarang langsung yg terdiri dari selling at the point production, selling at the producer’s retail store, selling door to door, dan selling through mail; (2) secara tidak langsung. Faktor-faktor yang mempengaruhi perusahaan dalam menentukan saluran distribusi: (1) faktor pasar; (2) faktor barang; (3) faktor perusahaan; (4) faktor perantara; dan (5) faktor saingan.

B.     Franchise (waralaba)
Franchise adalah suatu system pendistribusian jasa atau barang kepada pelanggan akhir, dinama pemilik merek (franchisor) memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melakukan bisnis dengan merek, nama, sistem, produser dan cara-cara yang teah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu. Ciri-ciri waralaba yang menjanjikan:
1.  Memiliki system kuat dan bermodal besar
2.   Memiliki laporan keuangan yang rapi, mudah dibaca, dan tak dibuat berdasarkan karangan.
3.  Tak sekedar menjula bisnis.
4.  Menyediakan pelatihan kepada tenaga kerja, hingga mereka mahir melakukan tugasnya.
5.  Menyediakan alat-alat yangdibutuhkan sehinggan pewaralaba tidak perlu membeli alat yang mahal.
6. Menyuplai bahannya
7.  Jujur kepada pewaralab mengenai manajemen dan kondisi keuangan waralaba miliknya.
Ada enam kriteia yang harus dipenuhi dalam waralaba, yaitu: (1) memiliki cirri khas usaha; (2) terbuktu sudah memiliki keuntungan; (3) memilik standar atas pelayanan barang dan jasa yang ditawarkan yang dibuat secara tertulis; (4) mudah diajarkan dan diaplikasikan; (5) adanya dukungan yang berkesinambungan; dan (6) hak dan kekayaan intelektual yang telah terdaftar.

C.     Multiple Level Maketing
Suatu cara atau metode yang dirancang oleh perusahaan untuk mewarkan suatu produk dan menciptakan hubungan yang saling menguntungkan, dengan jalan melaksanakan penjualan secara langsung kepada konsumen melalui suatu jaringan yang dikembangkan oleh para distribusi lepas. Cara kerja dari multiple level marketing yaitu: (1) pertama-tama anda akan disponsori oleh seorang distribusi perusahaan MLM; (2) membayar uang pangkal/pendaftaran; (3) menandatangani perjanjian atau kontrak; (4) melaksanakan aktivitas penjualan produk; dan (5) mengembangkan jaringan.

4.21.2013


Nama saya Berta Mahariyanti yang dapat di artikan orang yang mau belajar, penuh semangat, baik, dan juga berpengetahuan luas.

Dari arti nama saya di atas saya ingin membuat sebuah sanggar tari di mana memberikan banyak pengetahuan dan semangat yang terus berada di dalam diri masing-masing murid. Saya akan memberikan nama sanggar tari ini dengan nama Mahakarya, nama Mahakarya ini saya ambil dari nama belakang saya yaitu Mahariyanti dan karya. Kenapa saya menggunakan nama karya? Kerena saya ingin anak-anak yang telah belajar menari di sanggar ini dapat membuat sebuah karya yang berkualitas, selain itu juga dapat menjadi seorang guru tari yang menciptakan karya seni tari yang baru dan berkualitas.

Jadi nama sanggar saya adalah Mahakarya


Mengapa saya mendirikan sanggar tari ini, yaitu untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas bahwa banyak tari-tarian Indonesia yang sudah dilupakan, selain tari-tarian budaya juga banyak yang di lupakan. Dengan adanya sanggar diharapkan dapat membantu msyarakat luas untuk tidak melupakan tarian atau budaya yang ada di Indonesia selain itu para penerus bangsa juga dapat mengahargai setiap budaya yang ada.

Pertemuan ke-8, Merek Dagang dan Nilai Konsep Pemasaran

Perkuliahan  : Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan
Dosen          : Dr. Amril Muhammad, SE, M.Pd
Tempat        : Universitas Negeri Jakarta, Fakultas Ilmu Pendidikan
Ruang          : 306
Waktu         : 13.30 - 15.30
Jurusan        : Manajemen Pendidikan

Pada minggu ini presentasi dilakukan seperti pertama kali pertemuan, yaitu dengan mempresentasikan di depan kelas. Presentasi kali ini langsung di pimpin oleh bapak Amril, minggu ini yang mempresentasikan adalah kelompok enam. Bapak Amril juga memberikan tugas tambahan selain report mingguan yaitu menganalisis nama bisnis dari nama masing-masing mahasiswa.

Merek Dagang dan Nilai Konsep Pemasaran

Merek merupakan kombinasi lengkap dari asosiasi yang orang bayangkan ketika mendengar sebuah nama perusahaan atau produk. Merek adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan perusahaan produk, atau layanan semua atribut baik yang berwujud maupun yang tidak berwujud.

Fungsi dari sebuah merek yaitu:
  1. Tanda pengenal barang
  2. Alat promosi
  3. Jaminan atas kwalitas suatu barang
  4. Menunjukkan asal barang

Ekuitas sebuah merek dapat dukur dari:
Pertama, keasadaran merek yaitu dimana merek tersebut masih di ingat oleh masyarakat atau malah merek suatu produk sudah dilupakan di pasaran.
Kedua, penerimaan merek yaitu suatu merek produk masih di terima di pasaran selain di terima di pasaran merek produk tersebut juga mudah di ingat oleh para konsumen.
Ketiga, prefensi merek yaitu suatu merek yang lebih berkwalitas atau lebih unggul dari merek yang lainnya.
Keempat, kesetiaan merek yaitu suatu merek yang banyak di gunakan atau di beli oleh konsumen dan juga konsumen tersebut merasa cock dengan merek produk tersebut tanpa harus pindah ke produk lain karena merek produk tersebut sudah berkwalitas.

Maka dari itu apabila ekuitas merek itu tinggi maka akan menghasilkan penghasilan atau keuntungan yang cukup besar.

Ada beberapa strategi dalam menentukan suatu produk:
  1. Perluasan lini
  2. Perluasan merek
  3. Mutu merek
  4. Merek baru merek bersama

Merek yang baik memberikan peluang yang besar bagi produk untuk sukses di pasar. Kualitas yang diinginkan oleh konsumen dari suatu merek yaitu:
  1. Harga mengambarkan sesuatu tentang manfaat dan kulitas produk
  2. Mudah diucapkan, dikenali, dan diingat
  3. Harus distinctive
  4. Mudah diterjemahkan ke bahasa asing
  5. Dapat didaftarkan dan dilindungi secara hukum.


semoga materi ini dapat bermanfaat ^_^

4.14.2013

Tugas Tambahan


Sesuai dengan tugas yang sebelumnya yaitu dalam membuat suatu usaha, saya membuat sebuah usaha sanggar tari tradisional sanggar tari ini bernama Sanggar Mahakarya. Sanggar tari ini bertujuan agar para generasi muda dapat mengembangkan potensi yang ada di dalam dirinya, mengenali budaya-budaya yang ada di Indonesia, dan juga dapat menghargai budaya yang ada di Indonesia.

Nama sanggar Mahakrya ini saya dapatkan dari nama belakang saya yaitu Mahariyanti dan untuk karyanya, saya ingin anak-anak yang telah belajar di sanggar tari ini dapat membuat sebuah karya yang berkualitas, selain itu juga dapat menjadi sebuah guru tari yang menciptakan karya seni tari yang baru. Dengan alasan yang saya sebutkan di atas, saya menamakan nama sanggar tari saya dengan nama sanggar Mahakarya.

Sanggar tari ini diperuntukkan mulai dari usia 5 tahun. Biaya pendaftaran yaitu Rp 15.000,- dan untuk biaya setiap bulannya yaitu Rp 25.000,- biaya ini untuk sewa tempat dan juga penambilan yang diadakan setiap enam bulan sekali. Dengan adanya pementasan setiap enam bulan sekali para murid bisa merasakan tampil di depan umum atau di hadapan orang banyak. Selain pementasan setiap enak bulan sekali, sanggar ini juga sering mengikuti lomba-lomba yang ada.

Dalam sanggar tari ini akan di ajarkan menari tradisonal dari berbagai daerah, selain menari para murid juga di ajarkan memainkan alat music daerah, mereka juga diajarkan bernyanyi lagu daerah. Dengan mempelajari beberapa kegiatan yang ada kita akan mengetahui bakat apa yang mereka miliki.

Sanggar tari ini akan saya promosikan kepada orang-orang yang terdapat dilingkungan sekitar, selain lingkungan saya juga akan mempromosikannya kepada teman-teman terdekat.  Lokasi untuk sanggar ini sangat strategis yaitu di pinggir jalan raya. 

Pertemuan ke-7, Penciptaan dan Perkembangan Produk

Perkuliahan  : Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan
Dosen          : Dr. Amril Muhammad, SE, M.Pd
Tempat        : Universitas Negeri Jakarta, Fakultas Ilmu Pendidikan
Ruang          : 306
Waktu         : 13.30 - 15.30
Jurusan        : Manajemen Pendidikan

Pada minggu ini presentasi dilakukan seperti pertama kali pertemuan, yaitu dengan mempresentasikan di depan kelas. Presentasi kali ini langsung di pimpin oleh bapak Amril, minggu ini yang mempresentasikan adalah kelompok lima. Bapak Amril juga memberikan tugas tambahan selain report mingguan yaitu membuat cerita pengembangan produk baru (jasa pendidikan).

Penciptaan dan Perkembangan Produk

Sebelum kita membahas tentang penciptaan dan pengembangan produk, kita harus tau dulu apa itu produk? Produk adalah apapun yang bisa ditawarkan ke sebuah pasar dan bisa memuaskan sebuah keinginan atau kebutuhan. Produk juga dibagi menjadi dua yaitu produk berupa jasa dana produk berupa barang. Setelah kita mengetahui apa itu produk, kita juga harus membuat perencanaan produk. Dimana kita akan merencanakan produk apa yang belum ada, selain itu produk tersebut dapat bermanfaat bagi para konsumennya. Setelah kita merencanakan kita akan mengembangkan produk tersebut, dalam mengembangkan produk tersebut kita harus melalui delapan tahap yaitu:
  1. Penciptaan sumber
  2. Penyaring ide
  3. Pengembangan dan pengujian konsep
  4. Pengembangan strategi pemasaran
  5. Analisis usaha
  6. Pengembangan produk
  7. Marketing testing
  8. Komersialisasi

Produk baru yaitu hasil dari kreativitas, menggantikan produk lama, tetapi beda penggunaan, dan produk initativ. Produk bisa dikatakan baru apabila mendapatkan tanggapan dari konsumen.

semoga materi ini dapat bermanfaat ^_^