Pertemuan
ke-14, Kepuasan Pelanggan
Perkuliahan
: Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan
Dosen
: Dr. Amril Muhammad, SE, M.Pd
Tempat
: Universitas Negeri Jakarta, Fakultas Ilmu
Pendidikan
Ruang
: 305
Waktu
: 13.30 - 15.30
Jurusan
: Manajemen Pendidikan
Pada
minggu ini presentasi dilakukan dengan memaparkan materi di depan kelas, dan
yang maju presentasi minggu ini adalah kelompok dua belas. Presentasi kali ini
tidak dapat dipimpin langsung oleh bapak amril dikarenakan bapak Amril berhalangan
hadir. Kelompok dua belas terdiri dari
Marsha Ramadhoni, Demas Hilman W, dan Muhaimin. Pada minggu ini adalah minggu
terakhir untuk presentasi dan kelompok dua belas sebagai penutup presentasi
dalam perkuliahan pemasaran.
KEPUASAN PELANGGAN
Kepuasan
pelanggan adalah tingkat kepuasan seseorang setelah membandingkan kinerja atau
jasa yang ia rasakan dibanding dengan harapanya. Ada beberapa cara untuk
menelusuri kepuasan pelanggan yaitu dengan cara sistem keluahan dan saran,
survey kepuasan pelanggan (wawancara, memberikan angket dll) dan mengenalisis
para pelanggan yang mulai menghilang.
Perusahaan
juga harus mempertahankan pelanggan agar tidak menghilang dan lari, ada
beberapa cara mempertahankan pelanggan, yaitu mempertahankan kualitas produk
dan jasa dan harga produk dan jasa yang dapat menarik pelanggan.
Hubungan antara
pemasaran dengan pelanggan, ada lima hubungan yaitu:
- Hubungan biasa (produsen menjual produk, tetapi tidak melakukan tindak lanjut apapun)
- Hubungan reaktif (produsen menjual produk dan mendorong pelanggan untuk menghubunginya, apabila ada pertanyaan atau masalah)
- Hubungan bertanggung jawab (produsen menghubungi pelanggan, segera setelah penjualan, untuk mennyakan apakah produk memenuhi harapan pelanggan atau tidak. produsen juga meminta saran perbaikan dari pelanggan dan ketidakpuasan secara terperinci)
- Hubungan proaktif (produsen menghubungi pelanggan dari waktu ke waktu dengan saran untuk peningkatan penggunaan produk atau produk baru yang berguna)
- Hubungan kemitraan (perusahaan terus bekerja sama dengan pelanggan untuk mencapai penghematan bagi pelanggan atau membantu pelanggan untuk bekerja lebih baik)
Pelanggan
juga bisa merasa tidak puas dengan produk dan jasa yang ditawarkan. Ada beberapa
penyebab ketidakpuasan pelanggan, yaitu (1) Tidak sesuai harapan dengan
kenyataan yang dialami, (2) Layanan selama proses menikamti jasa tidak
memuaskan, (3) Perilaku personil tidak/kurang menyenangkan, (4) Suasana dan
kondisi fisik lingkungan tidak menunjang, (5) Cost terlalu tinggi, karena jarak
tertentu jauh, banyak waktu terbuang dan harga terlalu tinggi, dan (6) Promosi/iklan
terlalu muluk, tidak sesuai dengan kenyataan.