2.24.2013

Jakarta, rawamangun, senin 18 februari 2011 bertempat di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ruang 306. Dalam perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa yang dimulai pada pukul 13.30 – 15.30 yang dipimpin oleh Dr.Amril Muhammad, SE,M.Pd selaku dosen matakuliah tersebut.

Pada pertemuan kali ini beliau menyampaikan materi tentang pengertian manajemen pemasaran jasa. Sebagian materinya bisa dilihat di bawah ini.

Manajemen pemasaran merupakan proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendaptkan yang dibutuhkan dan diinginkan melalui penciptaan dan pertukaran produk dan nilai dengan lainnya.

Produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan, kemahiran,digunakan atau dikonsumsi yang mungkin memuaskan keinginan atau kebutuhan, termasuk di dalamnya benda-benda fisik, jasa, orang, tempat, organisasi, dan ide-ide. Ada dua jenis produk:
1. Nyata (barang, makanan dll)
2. Tidak nyata (jasa, layanan dll)

KATA KUNCI DALAM PEMASARAN
1.       Value                : nilai
2.       Satisfaction       : kepuasan
3.       Quality              : kualitas
4.       Exchange          : penukaran
5.       Transaction       : transaksi
6.       Relationship      : hubungan

Filsafat Manajemen Pemasara:

1. Konsep Produksi
Konsumen akan menyukai produk yang tersedia dimana-mana dan murah harganya. Konsep ini berorientasi pada produksi dengan mengerahkan segenap upaya untuk mencapai efesiensi produk tinggi dan ditribusi yang luas.

2. Konsep produk
Konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu, penampilan, dan produk yang berkualitas.

3.Konsep penjualan
Konsumen, dengan dibiarkan begitu saja, organisasi harus melaksanakan upaya penjualan dan promosi yang agresif.

4. Konsep pemasaran
Untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan secara efektif dan efisien.

5. Konsep pemasaran masyarakat
Tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan.


KONSEP DASAR JASA

Jasa/layanan adalah semua kegiatan ekonomi yang hasilnya bukan berbentuk produk  atau konstruksi, umumnya dikonsumsi pada waktu diproduksi. Karakteristik jasa:
1. Intangibility
  • Tidak dapat dirasa, diraba, dicium, didengar sebelum jasa itu dibeli -  menggambarkan kinerja.
  • Pelanggan membeli jasa, bisa dikonsumsi tapi tidak bisa dimiliki.
  • Kualitas jasa tampak pada : tempat, orang, bahan-bahan, harga, dan simbol.
  • Tugas penyedia  jasa : managing the evidence, tangible the intangible (Levit, 1977).
2. Inseparability
  • Jasa di jual dulu, diproduksi dan dikunsumsi secara bersamaan.
  • Interaksi penyedia dan pelanggan mempengaruhi hasil jasa.
  • Kunci sukses pada kualitas penyedia dan keterlibatan pelanggan.
  • Fasilitas pendukung dan pemilihan lokasi penyediaan jasa menjadi pertimbangan utama.
3. Variability
  • Nonstandardized output - bervariasi bentuk, kualitas, jenis.
  • Penyebab : kerjasama pelanggan, motivasi, penyedia layanan, beban kerja perusahaan.
  • Upaya untuk menjaga kualitas jasa : investasi personal, standarisasi proses, memantau kepuasan pelanggan.
  • Costumization - disain kebutuhan pelanggan.
4. Perishability
  • Komoditas jasa tak tahan lama, tak dapat disimpan.
  • Bisa disimpan dalam bentuk reservasi.
  • Permintaan pelanggan bervariasi dipengaruhi musim.
KUNCI SUKSES JASA
  1. Renewing the service offering (Memperbaharui menawarkan layanan).
  2. Localizing the point-of service system (Melokalisir sistem layanan point-of).
  3. Leveraging the service contract (Memanfaatkan kontrak layanan).
  4. Using information power strategically (Menggunakan daya informasi strategis).
  5. Determining the strategic value of a service business (Menentukan nilai strategis dari bisnis jasa).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar