Pertemuan
ke-11, Promosi Jasa Pendidikan
Perkuliahan
: Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan
Dosen
: Dr. Amril Muhammad, SE, M.Pd
Tempat
: Universitas Negeri Jakarta, Fakultas Ilmu
Pendidikan
Ruang
: 305
Waktu
: 13.30 - 15.30
Jurusan
: Manajemen Pendidikan
Pada
minggu ini presentasi dilakukan dengan membentuk kelompok-kelompok kecil yang
disetiap kelompoknya terdapat satu orang yang mempresentasikan pembahan
kelompok sembilan. Presentasi kali ini bapak Amril selaku dosen matakuliah
tersebut tidak dapat hadir dikarenakan ada urusan, jadi perkuliahan kali ini
tidak dapat dipimpin langsungoleh oleh beliau. Kelompok Sembilan terdiri dari
Ayu, Ria Zulfiah, Nurma, dan Rahmawati.
Promosi Jasa Pendidikan
Promosi
adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempengaruhi
konsumen secara langsung atau tidak langsung. Jasa adalah setiap tindakan atau
kegiatan yang dapat ditawarkan oleh satu pihak kepada pihak lain yang pada
dasarnya tidak berwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan apapun. Produksinya
dapat dikaitkan atau tidak dikaitkan dengan produk fisik (Philip Kotler).
Sasaran promosi jasa:
- Membangkitkan kesadaran, maksudnya adalah memberitahu kepada konsumen bahwa terdapat sebuah produk baru.
- Menunjukan perbedaan, maksudnya menjelaskan perbedaan satu produk dengan produk baru seperti kegunaaan dari produk baru tersebut.
- Mengkomunikasikan manfaat, menjelaskan manfaat yang didapat dari produk baru
- Membangun citra yang baik, dengan cara mempromosikan barang dengan baik maka produk atau perusahaan dapat membangun citra yang baik.
- Membujuk pelanggan, maksudnya mengajak pelanggan untuk membeli produk tersebut dengan kegunaan yang pasti menguntungkan.
Hasil
penggunaan promosi dalam memasarkan jasa pendidikan dapat dilihat dari contoh
yang sudah ada seperti di Universitas New York meningkatkan calon mahasiswa
sebanyak 8% dan di Universitas Akron meningkatkan calon mahasiswa dan
kepercayaan masyarakat.
Penggunaan alat atau
media yang sering digunakan dalam promosi jasa pendidikan:
- Publikasi di surat kabar
- Publikasi di radio
- Memasang produk
- Brosur
Aspek-aspek yang
mempengaruhi dalam marketing promosi jasa pendidikan:
- Dosen atau guru
- Perpustakaan
- Teknologi Pendidikan
- Kegiatan olahraga, kegiatan marching band dan tim-tim kesenian
- Advertising dan Publicity
- Alumni
Tidak ada komentar:
Posting Komentar