5.11.2013


Pertemuan ke-11, Promosi Jasa Pendidikan

Perkuliahan  : Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan
Dosen          : Dr. Amril Muhammad, SE, M.Pd
Tempat        : Universitas Negeri Jakarta, Fakultas Ilmu Pendidikan
Ruang          : 305
Waktu         : 13.30 - 15.30
Jurusan        : Manajemen Pendidikan

Pada minggu ini presentasi dilakukan dengan membentuk kelompok-kelompok kecil yang disetiap kelompoknya terdapat satu orang yang mempresentasikan pembahan kelompok sembilan. Presentasi kali ini bapak Amril selaku dosen matakuliah tersebut tidak dapat hadir dikarenakan ada urusan, jadi perkuliahan kali ini tidak dapat dipimpin langsungoleh oleh beliau. Kelompok Sembilan terdiri dari Ayu, Ria Zulfiah, Nurma, dan Rahmawati.


Promosi Jasa Pendidikan


Promosi adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempengaruhi konsumen secara langsung atau tidak langsung. Jasa adalah setiap tindakan atau kegiatan yang dapat ditawarkan oleh satu pihak kepada pihak lain yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan apapun. Produksinya dapat dikaitkan atau tidak dikaitkan dengan produk fisik (Philip Kotler).

Sasaran promosi jasa:
  1. Membangkitkan kesadaran, maksudnya adalah memberitahu kepada konsumen bahwa terdapat sebuah produk baru.
  2. Menunjukan perbedaan, maksudnya menjelaskan perbedaan satu produk dengan produk baru seperti kegunaaan dari produk baru tersebut.
  3. Mengkomunikasikan manfaat, menjelaskan manfaat yang didapat dari produk baru
  4. Membangun citra yang baik, dengan cara mempromosikan barang dengan baik maka produk atau perusahaan dapat membangun citra yang baik.
  5. Membujuk pelanggan, maksudnya mengajak pelanggan untuk membeli produk tersebut dengan kegunaan yang pasti menguntungkan.

Hasil penggunaan promosi dalam memasarkan jasa pendidikan dapat dilihat dari contoh yang sudah ada seperti di Universitas New York meningkatkan calon mahasiswa sebanyak 8% dan di Universitas Akron meningkatkan calon mahasiswa dan kepercayaan masyarakat.

Penggunaan alat atau media yang sering digunakan dalam promosi jasa pendidikan:
  1. Publikasi di surat kabar
  2. Publikasi di radio
  3. Memasang produk
  4. Brosur

Aspek-aspek yang mempengaruhi dalam marketing promosi jasa pendidikan:
  1. Dosen atau guru
  2. Perpustakaan
  3. Teknologi Pendidikan
  4. Kegiatan olahraga, kegiatan marching band dan tim-tim kesenian
  5. Advertising dan Publicity
  6. Alumni 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar