5.26.2013

Pertemuan ke-13, Perilaku Konsumen

Perkuliahan  : Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan
Dosen          : Dr. Amril Muhammad, SE, M.Pd
Tempat        : Universitas Negeri Jakarta, Fakultas Ilmu Pendidikan
Ruang          : 305
Waktu         : 13.30 - 15.30
Jurusan        : Manajemen Pendidikan

Pada minggu ini presentasi dilakukan dengan memaparkan materi di depan kelas, dan yang maju presentasi minggu ini adalah kelompok sebelas. Presentasi kali ini langsung di pimpin oleh bapak Amril selaku dosen matakuliah tersebut. Kelompok Sebelas terdiri dari Dedy Santoso, Dwi Sakti Nugroho, Qidham Permadi, dan Yudhi Ardiyanto. Pada persentasi kelompok sebelas Dedy Santoso tidak dapat hadir dikarenakan sedang ada acara.


PERILAKU KONSUMEN 


Perilaku konsumen adalah proses dan aktifitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan kenginan.

Faktor yang mepengaruhi perilaku konsumen
  1. Kebudayaan, perilaku konsumen yang dipelajari dari keluarga dan lingkungan. Perilaku konsumen ini memiliki kesamaan dalam keinginan, pengalaman hidup, keadaan, dan kesamaan dalam pendapat.
  2. Social, perilaku konsumen ini dipengaruhi oleh beberapa kelompok kecil, selain dari kelompok kecil juga terdapat dari kelurga yang memberikan pengaruh sangat besar. Jadi perilaku konsumen ini dipengaruhi oleh lingkungan sekitar, keluarga, dan kelompok organisasi.
  3. Pribadi, perilaku konsumen ini dapat dipengaruhi dengan ekonomi dari konsumen tersebut, gaya hidup dari konsumen, usia, pekerjaan dan kepribadian yang dimiliki oleh konsumen tersebut.
  4. Psikologi, perilaku konsumen ini dapat dipengaruhi motivasi yang diberikan oleh orang lain, mempelajari dari konsumen lain, dan kepercayaan diri terhadap produk yang akan di beli .


Proses keputusan pembeli.

Konsumen harus mengenali masalah yang sedang di hadapi seperti baranng yang akan dia beli, apakah sesuai dengan keinginan memenuhi kebutuhan. Setelah mengenali masalah, konsumen lalu mencari informasi tentang produk yang akan dia beli. Selanjutnya konsumen akan mencari contoh atau mengambil pengalaman dari produk yang dia pernah beli apakah sudah baik atau kurang baik. Apabila informasi sudah terkumpul maka konsumen akan mebeli produk yang harus dia beli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar