5.03.2013


Pertemuan ke-10, Kebijakan Harga

Perkuliahan  : Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan
Dosen          : Dr. Amril Muhammad, SE, M.Pd
Tempat        : Universitas Negeri Jakarta, Fakultas Ilmu Pendidikan
Ruang          : 305
Waktu         : 13.30 - 15.30
Jurusan        : Manajemen Pendidikan

Pada minggu ini presentasi dilakukan seperti pertama kali pertemuan, yaitu dengan mempresentasikan di depan kelas. Presentasi kali ini langsung di pimpin oleh bapak Amril, minggu ini yang mempresentasikan adalah kelompok delapan. Kelompok delapan ini terdiri dari berta, roli, vivi, dan ria winda.


Kebijakan Harga

Sebelum mengetahaui pengertian kebijakan harga, terlebih dahulu mengetahui pengertian harga. Harga adalah nilai suatu barang yang dinyatakan dengan uang. Harga sangatlah penting dalam perekonomian dan dalam perusahaan. Tujuan penetapan harga ialah (1) mendapatkan laba maskimal; (2) mendapatkan pengembalian investasi yang di targetkan; (3) mencegah atau menguragi persaingan; dan (4) mempertahankan atau memperbaiki market share.

Faktor-faktor yang mempengaruhi penetapan harga
Faktor lingkungan internal
  1. Tujuan pemsaran perusahaan, tujuan pemasaran dapat berupa laba yang maksimal, mempertahankan kelangsungan hidup
  2. Strategi bauran pemasaran,  dalam menetukan harga sebaiknya dikoordinaskan lebih lanjut dengan elemen pemasaran
  3. Biaya, merupakan satu faktor yang sangat penting agar tidak mengalami kerugian
  4. Organisasi, dalam suatu organisasi di perlukan pendapat atau masukan dari anggota organisasi dalam penetapan harga

Faktor lingkungan eksternal
  1. Sifat dan permintaan pasar, memperhatikan dan memahami secara seksama sifat pasar dan permintaan terhadap produk yang dihasilkan.
  2. Persaingan, dapat dilihat dari persaingan yang ada di pasaran tersebut.

Selain fator yang ada di atas ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi yaitu, (1) kondisi ekonomi suatu Negara, (2) peraturan dan kebijakan dan (3) pemerintah dan aspek social lainnya.

Kebijakan harga adalah keputusan mengenai harga-harga yang akan diikuti untuk suatu jangka waktu tertentu. Ada faktor faktor yang mempengaruhi kebijakan harga yaitu (1) apa yang di tinjau, maksudnya adalah harga yang berada di pasaran harus kita tinjau supaya produk yang akan dikeluarkan sesuai dengan harga pasarannya; dan (2) penetrsi/penerobosan, maksudnya produk mampu menerobos pasaran tetapi dengan harga yang tidak terlalu membebankan konsumen.

Kebijakan harga dapat ditinjau dari tiga sudut yaitu (1) kebijakan harga produsen yaitu harga yang di berikan kepada konsumen tidak membuat para konsumen di rugikan atau di curangi oleh para produsen; (2) kebijakan harga wholesaler (grosir) yaitu, harga yang dilihat dari tempat pembeliannya, wilayah, dan kualitas dari suatu produk dengan harga yang sesuai dengan pasaran yang ada; dan (3) kebijakan harga retailer (agen) yaitu harga yang lebih terjangkau yang diberikan kepada konsumen dengan pembelian dengan jumalah banyak.


semoga materi ini bermanfaat ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar