BERTA MAHARIYANTI
MP NONREG 2011
Variable segmentasi pasar ada empat yaitu geografi,
demografi, psikografi, dan perilaku. Saya akan menjelaskan perbedaan psikografi
dan perilaku.
1. Psikografi
Dalam psikografi dapat dilihat dari
lingkungan social, kelas ekonomi, personalitas, dan gaya hidup.
Dari kelas ekonomi kita dapat melihat
kelas ekonomi dari suatu daerah apakah daerah tersebut termasuk kalangan bawah,
menengah, atau atas. agar dalam pemasaran kita tidak salah dalam penjualan.
Karna apabila kita salah dapat merugikan penjualan tersebut.
Dari gaya hidup, kita dapat menyakan
aktivitas mereka, kegitan keseharian mereka, dan banyak pertanyaan yang
berkaitan dengan gaya hidupp mereka. Agar kita tidak salah dalam menawarkan
suatu produk terhadap suatu wilayah. Selain itu kita juga dapat mengelompokkan
produk yang akan kita jual, agar dapat memudahkan konsumen dalam berbelanja.
Lingkungan social, kita juga dapat
melihat dari lingkungan yang ada di sekitar pasar. Selain itu kita juga dapat
melihat dari keinginan konsumen dan banyak minat suatu produk dari konsumen.
Agar mempermudah dalam pengelompokannya.
Jadi, psikografi berengaruh dalam
segmentasi pasar, karena dengan ada nya psikografi kita dapat mengetahui apa
yang sedang di inginkan oleh konsumen, bagaimana gaya hidup dari konsumen,
bagaimana ekonomi dari suatu tempat terbesut, dan bagaimana lingkan sosialnya.
Dengan begitu dapat mempermudah dalam pengelompokkan.
2. Perilaku
Dalam segmentasi pasar perilaku juga
sangat berpengaruh, karena kita dapat melihat dari manfaat produk yang
digunakan oleh konsumen apakah itu sangat bermanfaat atau hanya untuk memenuhi
kebutuhan saja, status pakai yaitu , tanggapan terhadap produk tersebut yaitu
bagaimana produk yang diproduksi apakahh sudah bagus atau belum apakah sudah
cukup baik atau belum, pengetahuan konsumen kepada suatu produk yaitu apakah
konsumen mengetahui produk tersebut baik dari tujuan dan manfaat produk
tersebut, apakah konsumen sudah siap terhadap suatu produk yang diproduksi kita
harus mengetahui kesiapan dari konsumen agar kita dapat memproduksi suatu
produk dapat di terima oleh para konsumen, dan yang terakhir sikap terhadap
produk yaitu bagaimana sikap terhadap suatu produk apakah di minati atau tidak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar