3.10.2013


BERTA MAHARIYANTI
MP NONREG 2011

Variable segmentasi pasar ada empat yaitu geografi, demografi, psikografi, dan perilaku. Saya akan menjelaskan perbedaan psikografi dan perilaku.

1. Psikografi
Dalam psikografi dapat dilihat dari lingkungan social, kelas ekonomi, personalitas, dan gaya hidup.
Dari kelas ekonomi kita dapat melihat kelas ekonomi dari suatu daerah apakah daerah tersebut termasuk kalangan bawah, menengah, atau atas. agar dalam pemasaran kita tidak salah dalam penjualan. Karna apabila kita salah dapat merugikan penjualan tersebut.
Dari gaya hidup, kita dapat menyakan aktivitas mereka, kegitan keseharian mereka, dan banyak pertanyaan yang berkaitan dengan gaya hidupp mereka. Agar kita tidak salah dalam menawarkan suatu produk terhadap suatu wilayah. Selain itu kita juga dapat mengelompokkan produk yang akan kita jual, agar dapat memudahkan konsumen dalam berbelanja.
Lingkungan social, kita juga dapat melihat dari lingkungan yang ada di sekitar pasar. Selain itu kita juga dapat melihat dari keinginan konsumen dan banyak minat suatu produk dari konsumen. Agar mempermudah dalam pengelompokannya.
Jadi, psikografi berengaruh dalam segmentasi pasar, karena dengan ada nya psikografi kita dapat mengetahui apa yang sedang di inginkan oleh konsumen, bagaimana gaya hidup dari konsumen, bagaimana ekonomi dari suatu tempat terbesut, dan bagaimana lingkan sosialnya. Dengan begitu dapat mempermudah dalam pengelompokkan.

2. Perilaku
Dalam segmentasi pasar perilaku juga sangat berpengaruh, karena kita dapat melihat dari manfaat produk yang digunakan oleh konsumen apakah itu sangat bermanfaat atau hanya untuk memenuhi kebutuhan saja, status pakai yaitu , tanggapan terhadap produk tersebut yaitu bagaimana produk yang diproduksi apakahh sudah bagus atau belum apakah sudah cukup baik atau belum, pengetahuan konsumen kepada suatu produk yaitu apakah konsumen mengetahui produk tersebut baik dari tujuan dan manfaat produk tersebut, apakah konsumen sudah siap terhadap suatu produk yang diproduksi kita harus mengetahui kesiapan dari konsumen agar kita dapat memproduksi suatu produk dapat di terima oleh para konsumen, dan yang terakhir sikap terhadap produk yaitu bagaimana sikap terhadap suatu produk apakah di minati atau tidak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar