3.30.2013


Pertemuan ke-6, Buaran Pemasaran Jasa

Perkuliahan  : Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan
Dosen          : Dr. Amril Muhammad, SE, M.Pd
Tempat        : Universitas Negeri Jakarta, Fakultas Ilmu Pendidikan
Ruang          : 306
Waktu         : 13.30 - 15.30
Jurusan        : Manajemen Pendidikan

Presentasi minggu ini sama seperti presentasi minggu kemarin. Hari pemapar adalah kelompok 4 yang terdiri dari Aprilianita Nasution, Khairiyah Aprilianti, Devi Alfikasari, dan Nisa Indriani. Untuk materi ini saya mendapatkan pemapar Aprilianti Nasution. Minggu ini bapak Amril selaku dosen mata kuliah tersebut tidak dapat hadir dikarenakan ada urusan, jadi minggu ini tidak di hadiri oleh dosen tetepi presentasi tetap berjalan dengan baik.


Buaran Pemasaran Jasa

Buaran pemasaran jasa adalah elemen-elemen organisasi perusahaan yang dapat dikontrol oleh perusahaan dalam melakukan komunikasi dengan kunsumen dan akan dipakai untuk memuaskan konsumen. Bauran pemasaran jasa bersifat fleksibel karena bauran pemasaran masih bisa berubah-ubah tergantung target pasarnya. Konsep  buaran pemasaran jasa yaitu 7p:

  1. Product (Produk) yaitu barang fisik, jasa, ataupun kombinasi keduanya, yang ditawarkan kepada konsumen. Produk merupakan elemen marketing mix yang pertama yang perlu kita ketahui, untuk dapat menyususn bauran pemasaran selanjutnya yang sesuai dengan jenis produk tersebut.
  2. Price (harga/tarif) yaitu sejumlah uang yang harus dikeluarkan pelanggan untuk memperoleh produk dari perusahaan. Ini merupakan titik kritis dalam bauran pemasaran jasa dan memainkan peranan penting dalam gambaran kualitas jasa. Menurut Zeithalm dan Bitner menjelaskan tiga dasa penetapan harga yaitu penetapan harga berdasarkan biaya, penetapan harga berdasarkan persaingan, dan penetapan harga berdasarkan permintaan.
  3. Place (Tempat) yaitu pelaksanaan program penyaluran produk melalui lokasi pelayanan yang tepat. Dalam pertimbangan pemilihan tempat/lokasi ada delapan faktor yang haru dipenuhi yaitu : akses, visibilitas, lalu lintas, ekspansi, lingkungan, lokasi peasing, dan peraturan pemerintah.
  4. Promotion (Promosi) yaitu salah satu faktor penentu keberhasilan suatu program pemasaran. Kombinasi dari variabel-variabe periklanan, penjualan tatap muka, promosi penjualan, dan publisitas yang dilakukan perusahaan dalam uapaya mengkomunikasikan produk kepada para pelanggan (konsumen), sehingga para pelnggan (konsumen termotivasi/terdorong untuk melakukan pembelian.
  5. People (Orang) yaitu orang-orang yang terlibat langsung dalam menjalankan segala aktivitas perusahaan, dan merupakan faktor yang memegang peranan penting bagi semua organisasi. Dalam perusahaan jasa unsur people ini bukan hanya memainkan peranan penting dalam bidang produksi atau operasional saja, tetapi juga dalam melakukan hubungan kontak langsung dengan konsumen. Elemen people memiliki dua aspek yaitu, service people dan costumer.
  6. Physical Evidence (Sarana Fisik) yaitu suatu hal yang secara nyata turut mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli dan menggunakan produk jasa yang ditawarkan. Unsur-unsur yang terdapay di dalam physical evidence antara lain lingkuan fisik, dalam hal ini bangunan fisik, peralatan, perlengkapan, logo, warna dan barang-barang lainnya yang disatukan dengan Service yang diberikan seperti tiket, sampul, label, dll.
  7. Process (Proses) yaitu suatu upaya perusahaan dalam mejalankan dan meaksanakan aktifitasnya untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumennya. 

Sekian materi yang saya buat, semoga bermanfaat (^_^)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar