3.10.2013


Usaha : les tari tradisional
Nama usaha : sanggar maha karya

            Di sanggar ini akan di ajarkan berbagai jenis tarian tradisional yang ada di Indonesia. Terutama tarian dari daerah DKI Jakarta, Jawa, Bali, Aceh, dan Sumatra. Selain mengajarkan tarian tradisional disini juga akan diberikan pengetahuna tentang sejarang tarian yang akan di ajarkan. Seperti tarian dari Jawa Timur yaitu tarian remo. Tarian remo ini biasa di lakukan pada saat suatu acara, dan tarian ini dilakukan pada saat pembukaan. Biasa nya tariani ini dilakukan oleh laki-laki, tatapi sekarang wanita juga bisa menarikan. Hanya dengan menggunakan make up seorang pria saja.

           Selain dapat belajar tarian dan mengetahui sejarah dari tarian yang akan di tarikan. Di sanggar ini juga dapat di ajarkan sedikit bahasa dari daerah-daerah yang ada di Indonesia. Anak-anak yang ikut dalam sanggar ini dapat mengekspresikan tarian dengan menampilkan tariannya tiga bulan sekali. Selain menampilkan anak anak tersebut juga dapat mengikuti ujian agar mengetahui sejauh mana mereka sudah menguasi tarian tersebut.

          Apabila dilihat dari segmentasi pasar dimulai dari geografinya sanggar ini berada di sebelah rumah saya senidiri dengan menyewa rumah. Saya memilih di deket rumah saya karena disekitar rumah saya banyak anak-anak kecil yang bisa saya ajarkan. Kalau dari demografinya tertuju kepada anak-anak. Psikografinya di sekitar rumah saya termasuk dalam kalangan menengah.

               Strategi pemasarannya yaitu melalui brosur, dari mulut ke mulut, dan papan nama sanggar. Sanggar tertuju pada kalangan anak-anak hingga remaja. Saya membuka sanggar ini agar anak-anak dan remaja saat dapat menghargai budaya bangsa kita senidir, selain itu juga dapat mengetahui buadaya yang ada di Indonesia. Karena budaya di Indonesia tidak kalah hebat dengan budaya luar mungkin budaya Indonesia lebih hebat dari pada budaya luar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar