pertemuan ke 5, positioning dan jasa
pemasaran
perkuliahan : Manajemen Pemasaran
Jasa Pendidikan
Dosen : Dr. Amril Muhammad, SE, M.Pd
Tempat : Universitas Negeri Jakarta,
Fakultas Ilmu Pendidikan
Ruang : 306
Waktu : 13.30 - 15.30
Jurusan : Manajemen Pendidikan
Pada minggu ini sistem presentasinya
berbeda dengan pertemuan sebelumnya. Pada pertemuan kali ini kelompok 3 (tiga),
yang terdiri dari Gelar Gelora Mestika (Tika), Dian Rahmahwati (Dian), Novi
Andriani (Novi), dan Dhea Anggun (Dea). Setiap oarang dari anggota tersebut
mempresentasikan masil kerjanya kepada beberapa kelompok. Contoh Novi yang
mempresentasikan kepada kelompok 1,5,dan 8.
Saya dari kelompok 8 mendapatkan
yang mempresentasikan adalah Novi Andriani (Novi). Novi menjelaskan pengertian
positioning, menetapkan strategi positioning, level positioning, dan proses
positioning. Setelah Novi mempresentasikan, dilanjut bapak Amril selaku dosen
yang menjelaskan kembali materi positioning.
Positioning adalah proses dimana
pemasar mencoba menciptakan citra atau identitas di benak terget pasar mereka
untuk produk, merek, atau organisasi. Yang mendasari dari positioning yaitu
dasarnya marketing mix, memposisikan produk ke dalam pasar, keunggulan,
pesaing, lingkungan, exist, dan profit mix.
Menetapkan strategi positioning :
1.
menganalisis kebutuhan
2.
menentukan kebutuhan
pasar sasaran
3.
menganalisis kopetensi
4.
kekuatan produk itu
sendiri
5.
hal yang berbeda
6.
pesaing yang masih
sedikit
7.
kelebihan dan kekurangan
produk itu sendiri
Macam-macam dari positioning ada 5, yaitu :
- Confused positioning – brand yang sudah terkenal
- Under positioning – keunggulan apa yang menonjol dari suatu produk
- Over positioning – tidak semua satu produk berhasil dalam suatu barang
- Re positioning – menetapkan yang baru terhadap pesaing
- De positioning – melihat kemampuan
Sebuah perusahan harus mengetahui produk yang akan
dikeluarkan oleh perusahaan tersebut, mempunyai keunggulan yang dapat menarik
peminat pembeli dengan baik. Selain itu juga harus bisa menunjukkan merek yang
mudah di ingat oleh masyarakat luas. Dengan begitu produk yang dihasilkan akan
terjual dengan baik, selain itu juga dapat memberikan keuntungan yang cukup
besar.
Sekian materi yang dapat disampaikan, semoga dapat berguna
^_^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar