3.24.2013


pertemuan ke 5, positioning dan jasa pemasaran

perkuliahan : Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan
Dosen : Dr. Amril Muhammad, SE, M.Pd
Tempat : Universitas Negeri Jakarta, Fakultas Ilmu Pendidikan
Ruang : 306
Waktu : 13.30 - 15.30
Jurusan : Manajemen Pendidikan 

Pada minggu ini sistem presentasinya berbeda dengan pertemuan sebelumnya. Pada pertemuan kali ini kelompok 3 (tiga), yang terdiri dari Gelar Gelora Mestika (Tika), Dian Rahmahwati (Dian), Novi Andriani (Novi), dan Dhea Anggun (Dea). Setiap oarang dari anggota tersebut mempresentasikan masil kerjanya kepada beberapa kelompok. Contoh Novi yang mempresentasikan kepada kelompok 1,5,dan 8.

Saya dari kelompok 8 mendapatkan yang mempresentasikan adalah Novi Andriani (Novi). Novi menjelaskan pengertian positioning, menetapkan strategi positioning, level positioning, dan proses positioning. Setelah Novi mempresentasikan, dilanjut bapak Amril selaku dosen yang menjelaskan kembali materi positioning.

Positioning adalah proses dimana pemasar mencoba menciptakan citra atau identitas di benak terget pasar mereka untuk produk, merek, atau organisasi. Yang mendasari dari positioning yaitu dasarnya marketing mix, memposisikan produk ke dalam pasar, keunggulan, pesaing, lingkungan, exist, dan profit mix.

Menetapkan strategi positioning :
1.     menganalisis kebutuhan
2.     menentukan kebutuhan pasar sasaran
3.     menganalisis kopetensi
4.     kekuatan produk itu sendiri
5.     hal yang berbeda
6.     pesaing yang masih sedikit
7.     kelebihan dan kekurangan produk itu sendiri

Macam-macam dari positioning ada 5, yaitu :
  1. Confused positioning – brand yang sudah terkenal
  2. Under positioning – keunggulan apa yang menonjol dari suatu produk
  3. Over positioning – tidak semua satu produk berhasil dalam suatu barang
  4. Re positioning – menetapkan yang baru terhadap pesaing
  5. De positioning – melihat kemampuan

Sebuah perusahan harus mengetahui produk yang akan dikeluarkan oleh perusahaan tersebut, mempunyai keunggulan yang dapat menarik peminat pembeli dengan baik. Selain itu juga harus bisa menunjukkan merek yang mudah di ingat oleh masyarakat luas. Dengan begitu produk yang dihasilkan akan terjual dengan baik, selain itu juga dapat memberikan keuntungan yang cukup besar.

Sekian materi yang dapat disampaikan, semoga dapat berguna ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar