3.10.2013

Pertemuan ke-4 (Segmentasi dan Targeting Pasar Jasa Pendidikan)

Perkuliahan : Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan
Dosen : Dr. Amril Muhammad, SE, M.Pd
Tempat : Universitas Negeri Jakarta, Fakultas Ilmu Pendidikan
Ruang : 306
Waktu : 13.30 – 15.30
Jurusan : Manajemen Pendidikan

Perkuliahan minggu ini kelompok 2 mempresentasikan tentang segmentasi pasar. Kelompok 2 terdiri dari Yohanes, Syifa, Vera, dan Pratama Dhanty.

Segementasi pasar merupakan pengelompokan pasar yang bersifat heterogen menjadi homogen. Varibelnya geografi, demografi, psikografi, dan perilaku.
  •  Goegrafi, dilihat dari wilayah, ukuran kota, pendapatan perwilayah.
  •  Demografi, dilihat dari usia, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, agama, dan suku
  • Psikografi, dilihat dari kelas ekonomi, gaya hidup, kepribadian
  •  Perilaku, dilihat dari peristiwa, manfaat, status pakai, tingkat pemakaian, dan tahap kesiapan

Proses dari segmentasi pasar, yaitu:
Pertama survey, sebelum membuat pasar apa yg akan kita buat, kita harus melihat situasi tempat tersebut.
Kedua analisis, setelah kita mengetahui situasi tempat yang akan didirikan pasar. Kita akan menganalisis apa saja kebutuhannya, kelas ekonomi, dll.
Ketiga pembentukan, setelah kita melakukan survey dan analisis baru kita bentuk pasar tersebut.

Segmentasi pasar di buat agar mempermudah konsumen dan agar lebih efektif, mencegah terjadinya pemborosan sumber daya, dan loyalitas pelanggan. Segmentasi pasar dilakukan oleh para pedagang pasar.
Segmentasi pasar yang efektif dapat diukur, besar, dapat dijangkau, dapat dibedakan, dapat diambil. Penetapan targeting pasar: 
1. Mengevaluasi segmen pasar
2. Memilih segmen pasar
3. Pertimbangan tambahan dalam mengevaluasi dan memilih segmen.

Sebelum perkuliahan selesai bapak amril selaku dosen matakuliah tersebut memberikan tugas tambahan yaitu
1. Menjelaskan perbedaan segmentasi psikologis dan perilaku untuk kelompok 7 dan 8
2. Tentukan nama dan bisnis jasa pendidikan/pengembangan SDM, tentukan pendekatan yang anda gunakan untuk menentukan segmen pasar dengan berikan alasan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar