Pertemuan ke-4 (Segmentasi dan Targeting Pasar Jasa
Pendidikan)
Perkuliahan : Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan
Dosen : Dr. Amril Muhammad, SE, M.Pd
Tempat : Universitas Negeri Jakarta, Fakultas Ilmu
Pendidikan
Ruang : 306
Waktu : 13.30 – 15.30
Jurusan : Manajemen Pendidikan
Perkuliahan minggu ini kelompok 2 mempresentasikan tentang
segmentasi pasar. Kelompok 2 terdiri dari Yohanes, Syifa, Vera, dan Pratama
Dhanty.
Segementasi pasar merupakan pengelompokan pasar yang
bersifat heterogen menjadi homogen. Varibelnya geografi, demografi, psikografi,
dan perilaku.
- Goegrafi, dilihat dari wilayah, ukuran kota, pendapatan perwilayah.
- Demografi, dilihat dari usia, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, agama, dan suku
- Psikografi, dilihat dari kelas ekonomi, gaya hidup, kepribadian
- Perilaku, dilihat dari peristiwa, manfaat, status pakai, tingkat pemakaian, dan tahap kesiapan
Proses dari segmentasi pasar, yaitu:
Pertama survey, sebelum membuat pasar apa yg akan kita buat,
kita harus melihat situasi tempat tersebut.
Kedua analisis, setelah kita mengetahui situasi tempat yang
akan didirikan pasar. Kita akan menganalisis apa saja kebutuhannya, kelas
ekonomi, dll.
Ketiga pembentukan, setelah kita melakukan survey dan
analisis baru kita bentuk pasar tersebut.
Segmentasi pasar di buat agar mempermudah konsumen dan agar
lebih efektif, mencegah terjadinya pemborosan sumber daya, dan loyalitas
pelanggan. Segmentasi pasar dilakukan oleh para pedagang pasar.
Segmentasi pasar yang efektif dapat diukur, besar, dapat
dijangkau, dapat dibedakan, dapat diambil. Penetapan targeting pasar:
1.
Mengevaluasi segmen pasar
2. Memilih segmen pasar
3. Pertimbangan
tambahan dalam mengevaluasi dan memilih segmen.
Sebelum perkuliahan selesai bapak amril selaku dosen
matakuliah tersebut memberikan tugas tambahan yaitu
1. Menjelaskan perbedaan
segmentasi psikologis dan perilaku untuk kelompok 7 dan 8
2. Tentukan nama dan
bisnis jasa pendidikan/pengembangan SDM, tentukan pendekatan yang anda gunakan
untuk menentukan segmen pasar dengan berikan alasan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar