4.21.2013


Pertemuan ke-8, Merek Dagang dan Nilai Konsep Pemasaran

Perkuliahan  : Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan
Dosen          : Dr. Amril Muhammad, SE, M.Pd
Tempat        : Universitas Negeri Jakarta, Fakultas Ilmu Pendidikan
Ruang          : 306
Waktu         : 13.30 - 15.30
Jurusan        : Manajemen Pendidikan

Pada minggu ini presentasi dilakukan seperti pertama kali pertemuan, yaitu dengan mempresentasikan di depan kelas. Presentasi kali ini langsung di pimpin oleh bapak Amril, minggu ini yang mempresentasikan adalah kelompok enam. Bapak Amril juga memberikan tugas tambahan selain report mingguan yaitu menganalisis nama bisnis dari nama masing-masing mahasiswa.

Merek Dagang dan Nilai Konsep Pemasaran

Merek merupakan kombinasi lengkap dari asosiasi yang orang bayangkan ketika mendengar sebuah nama perusahaan atau produk. Merek adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan perusahaan produk, atau layanan semua atribut baik yang berwujud maupun yang tidak berwujud.

Fungsi dari sebuah merek yaitu:
  1. Tanda pengenal barang
  2. Alat promosi
  3. Jaminan atas kwalitas suatu barang
  4. Menunjukkan asal barang

Ekuitas sebuah merek dapat dukur dari:
Pertama, keasadaran merek yaitu dimana merek tersebut masih di ingat oleh masyarakat atau malah merek suatu produk sudah dilupakan di pasaran.
Kedua, penerimaan merek yaitu suatu merek produk masih di terima di pasaran selain di terima di pasaran merek produk tersebut juga mudah di ingat oleh para konsumen.
Ketiga, prefensi merek yaitu suatu merek yang lebih berkwalitas atau lebih unggul dari merek yang lainnya.
Keempat, kesetiaan merek yaitu suatu merek yang banyak di gunakan atau di beli oleh konsumen dan juga konsumen tersebut merasa cock dengan merek produk tersebut tanpa harus pindah ke produk lain karena merek produk tersebut sudah berkwalitas.

Maka dari itu apabila ekuitas merek itu tinggi maka akan menghasilkan penghasilan atau keuntungan yang cukup besar.

Ada beberapa strategi dalam menentukan suatu produk:
  1. Perluasan lini
  2. Perluasan merek
  3. Mutu merek
  4. Merek baru merek bersama

Merek yang baik memberikan peluang yang besar bagi produk untuk sukses di pasar. Kualitas yang diinginkan oleh konsumen dari suatu merek yaitu:
  1. Harga mengambarkan sesuatu tentang manfaat dan kulitas produk
  2. Mudah diucapkan, dikenali, dan diingat
  3. Harus distinctive
  4. Mudah diterjemahkan ke bahasa asing
  5. Dapat didaftarkan dan dilindungi secara hukum.


semoga materi ini dapat bermanfaat ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar