Pertemuan
ke-8, Merek Dagang dan Nilai Konsep Pemasaran
Perkuliahan
: Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan
Dosen
: Dr. Amril Muhammad, SE, M.Pd
Tempat
: Universitas Negeri Jakarta, Fakultas Ilmu
Pendidikan
Ruang
: 306
Waktu
: 13.30 - 15.30
Jurusan
: Manajemen Pendidikan
Pada
minggu ini presentasi dilakukan seperti pertama kali pertemuan, yaitu dengan
mempresentasikan di depan kelas. Presentasi kali ini langsung di pimpin oleh
bapak Amril, minggu ini yang mempresentasikan adalah kelompok enam. Bapak Amril
juga memberikan tugas tambahan selain report mingguan yaitu menganalisis nama
bisnis dari nama masing-masing mahasiswa.
Merek
Dagang dan Nilai Konsep Pemasaran
Merek merupakan kombinasi lengkap dari asosiasi yang
orang bayangkan ketika mendengar sebuah nama perusahaan atau produk. Merek
adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan perusahaan produk, atau layanan
semua atribut baik yang berwujud maupun yang tidak berwujud.
Fungsi dari sebuah merek yaitu:
- Tanda pengenal barang
- Alat promosi
- Jaminan atas kwalitas suatu barang
- Menunjukkan asal barang
Ekuitas sebuah merek dapat dukur dari:
Pertama, keasadaran merek yaitu dimana merek
tersebut masih di ingat oleh masyarakat atau malah merek suatu produk sudah
dilupakan di pasaran.
Kedua, penerimaan merek yaitu suatu merek produk
masih di terima di pasaran selain di terima di pasaran merek produk tersebut
juga mudah di ingat oleh para konsumen.
Ketiga, prefensi merek yaitu suatu merek yang lebih
berkwalitas atau lebih unggul dari merek yang lainnya.
Keempat, kesetiaan merek yaitu suatu merek yang
banyak di gunakan atau di beli oleh konsumen dan juga konsumen tersebut merasa
cock dengan merek produk tersebut tanpa harus pindah ke produk lain karena
merek produk tersebut sudah berkwalitas.
Maka dari itu apabila ekuitas merek itu tinggi maka
akan menghasilkan penghasilan atau keuntungan yang cukup besar.
Ada beberapa strategi dalam menentukan suatu produk:
- Perluasan lini
- Perluasan merek
- Mutu merek
- Merek baru merek bersama
Merek yang baik memberikan peluang yang besar bagi
produk untuk sukses di pasar. Kualitas yang diinginkan oleh konsumen dari suatu
merek yaitu:
- Harga mengambarkan sesuatu tentang manfaat dan kulitas produk
- Mudah diucapkan, dikenali, dan diingat
- Harus distinctive
- Mudah diterjemahkan ke bahasa asing
- Dapat didaftarkan dan dilindungi secara hukum.
semoga materi ini dapat bermanfaat ^_^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar