Pertemuan
ke-7, Penciptaan dan Perkembangan Produk
Perkuliahan
: Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan
Dosen
: Dr. Amril Muhammad, SE, M.Pd
Tempat
: Universitas Negeri Jakarta, Fakultas Ilmu
Pendidikan
Ruang
: 306
Waktu
: 13.30 - 15.30
Jurusan
: Manajemen Pendidikan
Pada
minggu ini presentasi dilakukan seperti pertama kali pertemuan, yaitu dengan
mempresentasikan di depan kelas. Presentasi kali ini langsung di pimpin oleh
bapak Amril, minggu ini yang mempresentasikan adalah kelompok lima. Bapak Amril
juga memberikan tugas tambahan selain report mingguan yaitu membuat cerita
pengembangan produk baru (jasa pendidikan).
Penciptaan
dan Perkembangan Produk
Sebelum
kita membahas tentang penciptaan dan pengembangan produk, kita harus tau dulu
apa itu produk? Produk adalah apapun yang bisa ditawarkan ke sebuah pasar dan
bisa memuaskan sebuah keinginan atau kebutuhan. Produk juga dibagi
menjadi dua yaitu produk berupa jasa dana produk berupa barang. Setelah kita
mengetahui apa itu produk, kita juga harus membuat perencanaan produk. Dimana kita
akan merencanakan produk apa yang belum ada, selain itu produk tersebut dapat
bermanfaat bagi para konsumennya. Setelah kita merencanakan kita akan
mengembangkan produk tersebut, dalam mengembangkan produk tersebut kita harus
melalui delapan tahap yaitu:
- Penciptaan sumber
- Penyaring ide
- Pengembangan dan pengujian konsep
- Pengembangan strategi pemasaran
- Analisis usaha
- Pengembangan produk
- Marketing testing
- Komersialisasi
Produk baru yaitu hasil dari kreativitas,
menggantikan produk lama, tetapi beda penggunaan, dan produk initativ. Produk bisa
dikatakan baru apabila mendapatkan tanggapan dari konsumen.
semoga materi ini dapat bermanfaat ^_^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar