4.14.2013


Pertemuan ke-7, Penciptaan dan Perkembangan Produk

Perkuliahan  : Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan
Dosen          : Dr. Amril Muhammad, SE, M.Pd
Tempat        : Universitas Negeri Jakarta, Fakultas Ilmu Pendidikan
Ruang          : 306
Waktu         : 13.30 - 15.30
Jurusan        : Manajemen Pendidikan

Pada minggu ini presentasi dilakukan seperti pertama kali pertemuan, yaitu dengan mempresentasikan di depan kelas. Presentasi kali ini langsung di pimpin oleh bapak Amril, minggu ini yang mempresentasikan adalah kelompok lima. Bapak Amril juga memberikan tugas tambahan selain report mingguan yaitu membuat cerita pengembangan produk baru (jasa pendidikan).

Penciptaan dan Perkembangan Produk

Sebelum kita membahas tentang penciptaan dan pengembangan produk, kita harus tau dulu apa itu produk? Produk adalah apapun yang bisa ditawarkan ke sebuah pasar dan bisa memuaskan sebuah keinginan atau kebutuhan. Produk juga dibagi menjadi dua yaitu produk berupa jasa dana produk berupa barang. Setelah kita mengetahui apa itu produk, kita juga harus membuat perencanaan produk. Dimana kita akan merencanakan produk apa yang belum ada, selain itu produk tersebut dapat bermanfaat bagi para konsumennya. Setelah kita merencanakan kita akan mengembangkan produk tersebut, dalam mengembangkan produk tersebut kita harus melalui delapan tahap yaitu:
  1. Penciptaan sumber
  2. Penyaring ide
  3. Pengembangan dan pengujian konsep
  4. Pengembangan strategi pemasaran
  5. Analisis usaha
  6. Pengembangan produk
  7. Marketing testing
  8. Komersialisasi

Produk baru yaitu hasil dari kreativitas, menggantikan produk lama, tetapi beda penggunaan, dan produk initativ. Produk bisa dikatakan baru apabila mendapatkan tanggapan dari konsumen.

semoga materi ini dapat bermanfaat ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar